Incredible Kue Talam Udang Ideas

Talam Udang by Maida Puspa Dahlan
Talam Udang by Maida Puspa Dahlan from www.langsungenak.com

Kue talam udang adalah salah satu hidangan yang populer di Indonesia, terutama di daerah pesisir yang kaya akan hasil laut. Kue ini terbuat dari adonan beras yang diisi dengan udang dan kemudian dikukus. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat kue talam udang menjadi camilan yang lezat dan menggugah selera. Banyak orang yang menyukai kue talam udang karena mudah dibuat dan bahan-bahannya yang mudah didapatkan. Jika Anda ingin mencoba membuat kue talam udang sendiri di rumah, berikut adalah resep yang dapat Anda ikuti.

Bahan-bahan:

– 200 gram tepung beras – 50 gram tepung sagu – 2 sendok makan tepung terigu – 1 sendok teh garam – 1/2 sendok teh merica bubuk – 400 ml santan – 200 ml air – 200 gram udang, dikupas dan dicincang halus – 3 siung bawang putih, dicincang halus – 1 sendok teh gula pasir – 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:

1. Pertama-tama, campurkan tepung beras, tepung sagu, tepung terigu, garam, dan merica bubuk dalam sebuah wadah. 2. Tambahkan santan dan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi licin dan tidak bergerindil. 3. Panaskan wajan anti lengket dan tuangkan adonan ke dalam wajan. Ratakan adonan dengan menggunakan spatula. 4. Masak adonan dengan api kecil hingga matang dan mengental. Angkat dan biarkan adonan dingin. 5. Selanjutnya, panaskan sedikit minyak di dalam wajan dan tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan udang cincang dan masak hingga berubah warna. 6. Masukkan gula pasir, kaldu bubuk, garam, dan merica bubuk ke dalam tumisan udang. Aduk rata dan masak hingga semua bumbu meresap ke dalam udang. 7. Ambil adonan talam yang sudah dingin dan beri isian udang di atasnya. Ratakan isian udang dengan menggunakan sendok. 8. Kukus kue talam udang selama kurang lebih 30 menit hingga matang. Jangan lupa untuk menutup panci kukusan selama proses pengukusan agar uap air tidak masuk ke dalam kue. 9. Setelah matang, angkat kue talam udang dari kukusan dan biarkan dingin sebelum disajikan.

Tips:

– Untuk hasil yang lebih lezat, Anda bisa menambahkan daun bawang cincang atau daun ketumbar cincang ke dalam isian udang. – Jika Anda tidak suka dengan udang, Anda juga bisa mengganti isian kue talam dengan daging ayam cincang, jamur, atau sayuran sesuai selera. – Pastikan adonan talam sudah cukup matang dan mengental sebelum ditambahkan isian udang. Adonan yang masih cair akan sulit diisi dan bisa membuat kue talam menjadi hancur saat dikukus.

People also ask:

– Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue talam udang? Untuk membuat kue talam udang, Anda membutuhkan tepung beras, tepung sagu, tepung terigu, garam, merica bubuk, santan, air, udang, bawang putih, gula pasir, dan kaldu bubuk. – Bagaimana cara membuat adonan kue talam yang tepat? Untuk membuat adonan kue talam yang tepat, Anda perlu mencampurkan tepung beras, tepung sagu, tepung terigu, garam, dan merica bubuk terlebih dahulu. Kemudian, tambahkan santan dan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi licin dan tidak bergerindil. – Apa yang bisa digunakan sebagai isian kue talam selain udang? Selain udang, Anda juga bisa menggunakan daging ayam cincang, jamur, atau sayuran sebagai isian kue talam sesuai dengan selera Anda. – Bagaimana cara mengetahui jika kue talam udang sudah matang? Anda bisa memeriksa kematangan kue talam udang dengan menggunakan tusuk gigi. Jika tusuk gigi yang ditusukkan ke dalam kue keluar bersih tanpa adonan yang menempel, berarti kue talam udang sudah matang. – Apakah kue talam udang bisa disimpan dalam waktu lama? Kue talam udang bisa disimpan dalam lemari es dalam wadah kedap udara selama 2-3 hari. Namun, sebaiknya kue talam udang dimakan dalam waktu yang tidak terlalu lama agar tetap terjaga kelezatannya.