+17 Resep Asem Asem Ikan Patin References

Resep Asemasem Ikan patin Segar Nikmat oleh Nurul Hidayah Cookpad
Resep Asemasem Ikan patin Segar Nikmat oleh Nurul Hidayah Cookpad from cookpad.com

Resep Asem-Asem Ikan Patin Ikan patin adalah salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki daging yang lezat dan gurih. Ikan ini sering digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai masakan, salah satunya adalah asem-asem ikan patin. Asem-asem ikan patin merupakan masakan tradisional Jawa yang memiliki rasa segar dan asam yang khas. Dalam pembuatannya, ikan patin dimasak bersama dengan bumbu-bumbu segar dan asam yang membuat masakan ini memiliki cita rasa yang unik dan lezat.

Bahan-bahan:

– 1 ekor ikan patin, bersihkan dan potong-potong – 2 buah jeruk nipis, peras airnya – 4 buah cabai merah, iris tipis – 4 buah cabai hijau, iris tipis – 4 lembar daun salam – 2 cm lengkuas, memarkan – 3 lembar daun jeruk, sobek-sobek – 2 batang serai, memarkan – 1 buah tomat, potong-potong – 2 sendok makan gula merah, serut halus – 2 sendok makan kecap manis – 1 sendok teh garam – 1 sendok teh kaldu bubuk – Air secukupnya

Cara Membuat:

1. Pertama-tama, lumuri ikan patin dengan air jeruk nipis dan garam. Diamkan selama 15 menit agar ikan tidak terlalu amis. 2. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu iris (cabai merah, cabai hijau, daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan serai) hingga harum. 3. Masukkan ikan patin yang sudah dilumuri jeruk nipis ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan masak hingga ikan berubah warna. 4. Tambahkan air secukupnya hingga ikan terendam. Masak hingga mendidih. 5. Setelah mendidih, tambahkan gula merah serut, kecap manis, garam, dan kaldu bubuk. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga ikan empuk dan bumbu meresap. 6. Terakhir, masukkan potongan tomat dan aduk rata. Masak sebentar hingga tomat sedikit layu. 7. Asem-asem ikan patin siap disajikan. Hidangkan hangat dengan nasi putih dan pelengkap lainnya seperti acar dan sambal.

Tips:

– Pilih ikan patin yang segar dan berkualitas baik agar hasil masakan menjadi lebih enak. – Jika tidak menyukai rasa pedas, Anda dapat mengurangi jumlah cabai merah dan cabai hijau sesuai dengan selera. – Pastikan bumbu-bumbu seperti daun salam, lengkuas, daun jeruk, dan serai benar-benar dihaluskan atau dipotong tipis agar aroma dan rasa dapat meresap dengan baik. – Jika ingin mendapatkan kuah yang lebih kental, tambahkan sedikit tepung maizena yang telah dilarutkan dalam air ke dalam masakan saat sudah hampir matang.

People Also Ask:

– Apa itu ikan patin? Ikan patin adalah jenis ikan air tawar yang memiliki daging yang lezat dan gurih. Ikan ini sering digunakan sebagai bahan utama dalam berbagai masakan. – Bagaimana cara memilih ikan patin yang baik? Pilih ikan patin yang segar dengan mata yang bening, sisik yang terlihat mengkilap, dan kulit yang masih kenyal. Hindari ikan patin yang memiliki bau amis atau warna kulit yang kusam. – Apa saja bumbu-bumbu yang digunakan dalam asem-asem ikan patin? Bumbu-bumbu yang digunakan dalam asem-asem ikan patin antara lain cabai merah, cabai hijau, daun salam, lengkuas, daun jeruk, serai, tomat, gula merah, kecap manis, garam, dan kaldu bubuk. – Bagaimana cara membuat asem-asem ikan patin yang enak? Untuk membuat asem-asem ikan patin yang enak, Anda perlu memilih ikan patin yang segar, memasak dengan bumbu-bumbu segar, dan memberikan asam segar seperti air jeruk nipis. – Apa yang bisa dijadikan pelengkap asem-asem ikan patin? Asem-asem ikan patin bisa disajikan dengan pelengkap lainnya seperti nasi putih, acar, dan sambal. Pelengkap ini akan menambah kelezatan dan kenikmatan hidangan asem-asem ikan patin.