Famous Resep Gudeg Rumahan References

Resep Gudeg basah rumahan oleh LUTFI NAIM Cookpad
Resep Gudeg basah rumahan oleh LUTFI NAIM Cookpad from cookpad.com

Resep Gudeg Rumahan Gudeg adalah salah satu makanan khas Yogyakarta yang terkenal dengan cita rasanya yang manis dan gurih. Makanan ini terbuat dari nangka muda yang dimasak dalam santan dan rempah-rempah khas. Bagi pecinta masakan tradisional, membuat gudeg rumahan adalah pilihan yang tepat. Berikut ini adalah resep gudeg rumahan yang bisa Anda coba di rumah.

Bahan-bahan:

– 500 gram nangka muda – 200 ml santan kental – 3 lembar daun salam – 2 cm lengkuas, memarkan – 2 cm jahe, memarkan – 3 sdm gula merah, serut – 1 sdt garam – 1 sdt ketumbar, sangrai dan haluskan – 1 sdt merica bubuk – 1 sdt kaldu bubuk – 500 ml air – Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

1. Pertama, bersihkan dan potong nangka muda menjadi ukuran yang diinginkan. Rendam dalam air garam selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Tiriskan. 2. Panaskan minyak goreng dalam wajan, tumis daun salam, lengkuas, dan jahe hingga harum. 3. Masukkan nangka muda yang telah ditiriskan, aduk rata dengan bumbu tumis. 4. Tuang santan kental ke dalam wajan, aduk rata dengan nangka muda. 5. Tambahkan gula merah, garam, ketumbar, merica bubuk, dan kaldu bubuk. Aduk rata. 6. Tuang air secukupnya, lalu masak dengan api kecil hingga air menyusut dan nangka muda menjadi empuk. Aduk sesekali agar bumbu meresap dengan baik. 7. Setelah air menyusut, cek keempukan nangka muda dengan mencoba memotongnya dengan sendok. Jika mudah terpotong, berarti gudeg sudah matang. 8. Angkat gudeg dan sajikan dalam piring saji. Nikmati dengan nasi hangat dan lauk-pauk kesukaan Anda.

Variasi:

– Untuk variasi rasa, Anda bisa menambahkan daging ayam atau telur pindang dalam gudeg. – Untuk variasi tampilan, taburi gudeg dengan bawang goreng atau serundeng sebelum disajikan.

People also ask:

– Bagaimana cara memasak gudeg yang enak? Untuk membuat gudeg yang enak, penting untuk memasak nangka muda hingga benar-benar empuk dan bumbu meresap dengan baik. Selain itu, pemilihan bahan-bahan yang segar dan berkualitas juga mempengaruhi cita rasa gudeg. – Berapa lama waktu yang diperlukan untuk memasak gudeg? Waktu memasak gudeg biasanya memakan waktu sekitar 3-4 jam. Proses memasak yang cukup lama ini diperlukan agar nangka muda menjadi empuk dan bumbu meresap dengan baik. – Apa yang bisa disajikan bersama gudeg? Gudeg biasanya disajikan dengan nasi hangat, ayam kampung, telur pindang, sambal goreng krecek, dan tahu tempe bacem. Anda juga bisa menambahkan lauk-pauk lain sesuai selera, seperti ayam goreng atau oseng-oseng tempe. – Apakah gudeg bisa disimpan dalam lemari es? Ya, gudeg bisa disimpan dalam lemari es selama 1-2 hari. Namun, sebaiknya gudeg dimakan dalam waktu 1 hari setelah dimasak agar cita rasanya tetap enak dan segar. Jika ingin menyimpan lebih lama, bisa juga dibekukan dalam freezer. – Bagaimana cara membuat gudeg yang lebih pedas? Jika Anda suka makanan pedas, Anda bisa menambahkan cabai rawit atau cabai merah ke dalam bumbu gudeg. Tambahkan sesuai selera, lalu masak bersama nangka muda dan santan.